Dua Panglima; Cerita dari Operasi Ganesha

Dua Panglima; Cerita dari Operasi Ganesha “Dua Panglima” merupakan novel anak yang ditulis melalui peristiwa sejarah Operasi Ganesha pada tahun 1982 sejauh puluhan kilo.
Novel anak "Dua Panglima"
Novel anak "Dua Panglima"

Judul Buku       : Dua Panglima

Penulis             : Suci Amalia

Penerbit          : RMBooks

Tahun Terbit   : 2020

Tebal Halaman: 212 halaman

 

“Dua Panglima” merupakan novel anak yang ditulis melalui peristiwa sejarah Operasi Ganesha pada tahun 1982 sejauh puluhan kilo. Novel tersebut menceritakan karut-marut perselisihan antara pemerintah, warga masyarakat, dan juga kelompok gajah di daerah Sumatera Selatan. Tokoh utama dalam novel tersebut adalah “Manila” seorang anak laki-laki yang telah diajarkan cara berkelana di tengah hutan sejak kecil oleh ayahnya. Ia juga aktif berinteraksi dengan banyak hewan di hutan daerah Bali yang merupakan tempat kelahirannya. Manila tumbuh menjadi pria dewasa hingga akhirnya berhasil menjadi tentara dan memimpin Operasi Ganesha. Dengan kegigihan dan kebijaksanaannya, Manila berhasil membuat operasi penggiringan gajah tersebut sukses tanpa memakan korban satupun baik dari pihak manusia maupun kelompok gajah.

Dapatkan buku Dua Panglima

Buku berjudul “Dua Panglima” dapat dijadikan rekomendasi bacaan untuk anak-anak. Hal tersebut dilatarbelakangi dengan adanya tampilan ilustrasi yang apik dan ciamik pada tiap peristiwa penting di dalamnya. Selain itu, gaya bahasa pada novel tersebut ditulis dengan cermat melalui pilihan diksi sederhana agar mudah dipahami oleh anak-anak. Walaupun demikian, novel ini juga bisa dinikmati oleh seluruh usia, sebab cerita di dalamnya memberikan pengetahuan sejarah besar di Indonesia yang hampir terlupakan.

Alur yang disajikan pada buku ini ditulis secara terperinci namun agaknya cukup kompleks untuk tingkat balita jika tidak disampaikan secara cermat oleh ibu bapaknya. Walaupun demikian, tampaknya penulis sengaja memberikan pengalaman membaca anak yang baru melalui kompleksnya alur tersebut.

Banyak sekali pembelajaran di dalam novel ini. Mulai dari pembelajaran menjadi pemimpin hingga toleransi yang mulai langka di bumi.

Selamat membaca untuk menggenggam dunia!